“Surat untuk Pustakawan” Film Inspiratif Dunia Baca Indonesia


Tidak ada perubahan dan kemajuan tanpa kreatifitas dan inovasi, barangkali itulah yang mendasari Komunitas Pioner (Pustakawan_Visioner), untuk memunculkan ide baru, yaitu membangun pendidikan lewat garapan virtual perpustakaan dengan meluncurkan film dokumenter barunya. Film yang dirilis dalam seminggu terakhir ini, menggambarkan bagaimana fakta pemustaka yang terlena dengan perpustakaan yang dibalut dengan teknologi yang super megah tetapi kebingungan menemukan literatur yang diinginkan. Hingga salah satu lakon dalam film ini yang bercita-cita menjadi kepala perpustakaan ingin fokus mengoptimalkan pengembangan teknologi perpustakaan. melalui film tersebut, Pioner melakukan kritik terhadap pengampu kebijakan di perpustakaan yang hanya fokus mengembangkan teknologi, hingga melupakan aspek humanis dari pustakawan. Selama ini Library for library, kita nggak mau, kita ingin Library for human. Jadi tidak hanya persoalan teknis kepustakaan saja yang diurus, tapi juga sisi kenyamanan dan kualitas manusianya. Ucap pentolan Komunitas Pioner, Teuku Mulkan.
Ini barangkali film yang wajib untuk ditonton bagi mahasiswa khususnya, dan bagi seluruh pembaca umumnya. Karena gagasan dari Komunitas Pioner terbentuk atas dasar keprihatinan dunia perpustakaan di Indonesia yang menjadi representasi dari kegiatan membaca dan dunia pendidikan.  komunitas yang didirikan oleh 6 (enam) orang Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 9 Desember 2015, mereka adalah Teuku Mulkan, Fauzan, Asnawi, Lailatul Sa’diyah, Rory Ramayanti, Gustina Erlianti. Mereka  mengaku bahwa  Setelah merampungkan project film dokumenter “Surat Untuk Pustakawan”, Kita juga sedang bersiap menyambut project keduanya. Rencananya project kedua, yang akan digarap April mendatang dan menggandeng beberapa teman-teman pemerhati dunia pendidikan lainnya hingga beberapa dosen ilmu perpustakaan ke dalam project ini. Untuk project keduanya Pioner berharap dapat melakukan lebih maksimal, matang dan tentunya hasilnya dapat diterima lebih baik oleh berbagai kalangan. Ini semata-mata untuk dunia perpustakaan yang menunjang laju pendidikan Indonesia.

Berikut link laman youtube Surat untuk Pustakawan.
https://youtu.be/0MSFZhjNkW0
Oleh : Teuku Mulkan.
Perintis Komunitas Pioner & Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga


Share on Google Plus

About kampusnusantara

Media yang menyajikan berita dan informasi seputar pendidikan Indonesia. Sebuah kancah pencerahan yang mencerdaskan bangsa

0 komentar:

Posting Komentar