Strategi Diterima Kuliah S2 di UGM

Kebutuhan untuk melanjutkan kuliah di jenjang magister kini semakin besar. Animo tersebut selalu mengarah pada kampus besar, bergengsi dan populer. Seperti biasa untuk memasukkan kampus besar tentunya diperlukan persyaratan dan persiapan yang besar dan ketat. Terlebih bila anda berminat untuk mendaftarkan diri di UGM. Kampus biru yang banyak mencetak generasi emas Indonesia. Jokowi pemimpin tertinggi di republik ini adalah jebolan Universitas Gadjah Mada. Serta menyebarnya alumni seantaro nusantara bahkan mancanegara.
Persiapan
          Pendaftaran kuliah S2, tentu tidak hanya mengandalkan IPK saja. Bila anda mengenal tes potensi akademik, maka hampir semua kampus mensyaratkan tes tersebut. Guna melihat tingkat potensi akademis kita. Di UGM kampus ini memiliki tes potensi akademik sendiri, bernama PAPs. Kepada beberapa teman kami yang kami tanyakan perihal tersebut. Mengiyakan bahwa PAPs atau TPA merupakan syarat yang sangat penting dibanding tes lainnya. Banyak IPK tinggi, tapi tersandung di TPA atau PAPs, sehingga banyak yang tidak lulus. UGM mengajukan syarat lulus dengan nilai 500 baik PAPs maupun TPA sebagian juga ada yang 450. Ingat ini syarat kampus. Tentu anda harus paham juga kompetitor anda. Sebaik-baiknya pejuang yang mengerti kompetitor. Itu artinya bahwa untuk mengamankan anda masuk di UGM, minimal anda harus berada diatas 500 bila perlu sampai diangka 520. Walapun banyak juga yang lulus dengan angka pas-pasan 500 bahkan di bawah 500. Sebaiknya anda berada di angka maksimal. Agar anda menjadi percaya diri untuk LULUS.
     Tugas berikutnya tentunya kemampuan bahasa Inggris, anda harus memiliki kemampuan bahasa Inggris: AcEPT UGM atau IELTS yang diakui IDP atau iBT TOEFL yang diakui IIEF atau ITP TOEFL yang diakui IIEF. Nilai minimal 213 AcEPT UGM atau setara dengan 450 ITP TOEFL. Ini juga syarat penting. Tentu sebaiknya anda harus menguasai bahasa Inggris dulu bila ingin lulus S2 UGM. Karena kuliah S2 di UGM semua buku dan jurnal diwajibkan berbahasa Inggris. Jadi Bila ingin masuk, silahkan tingkatkan bahasa Inggrismu, PASTI BISA !!!
Rancangan Penelitian
            Untuk beberapa program studi mensyaratkan ini, biasanya hal ini diuji pas tes wawancara. Memang tidak semua berlaku, silahkan cari info tersebut melalui web resmi UGM. Yang perlu kami kasih tahu, bila tes wawancara jadi persyaratan. Maka sebaiknya susun dan berlatihlah seolah-olah anda diwawancara. Anda harus paham betul yang anda kaji. Ingat yang jadi pewawancaranya umumnya mereka yang memang sudah kompetan, guru besar, peneliti hebat. Disana anda diuji betul. Untuk strategi, beberapa  teman UGM, dulunya ketika tes ada yang melanjutkan tema skripsi. Ada juga yang buat ulang. Satu hal yang harus teman-teman ingat, intinya kuliah s2 itu penelitian (Tesis). Maka apa salahnya rancangan ini sebagai kelanjutan untuk tesis, tidak rugi-kan dan hemat waktu. Biar cepat selesai.
Prosedur
Untuk kelengkapaan prosedur sebaiknya, anda akses langsung di web resmi , disini http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan


*Elg
Share on Google Plus

About kampusnusantara

Media yang menyajikan berita dan informasi seputar pendidikan Indonesia. Sebuah kancah pencerahan yang mencerdaskan bangsa

1 komentar:

  1. maaf mau nanyak mas/mbak untuk S2 jurusan hukum masuknya/syaratnya bagaimana ?

    BalasHapus